Perkembangan SEO Profesional di Indonesia

8:17 AM
seo profesional

Blog ini memakai blogspot yang sudah lama mati suri, akhirnya memutuskan untuk menghidupkan kembali dan membeli expired domain seojakarta.net ini dan masih sangat baru. Memang secara pribadi sudah sangat lama sekali saya berkecimpung di dunia SEO (search Engine Optimization) dan sampai sekarang tetap mencintainya, memang SEO sudah jadi passion saya sejak dulu hingga sekarang, dari sini pulalah saya bisa berpenghasilan sebagai SEO profesional dan juga mencari duit online seperti google adsense dan lainnya.

Melihat perkembangan SEO profesional saat ini, saya sendiri cukup bangga karena sudah banyak yang menggeluti sebagai SEO profesional. Memang sejak dulu saya sangat ingin memajukan dunia perSEOan di industri di Indonesia. Sejak google membuka kantor perwakilan di Indonesia tahun 2011, saat itu juga mulai ada beberapa perusahaan yang membuka lowongan dan memperkerjakan SEO specialis di perusahaannya.

Disatu sisi senang dengan kemajuan SEO profesional, namun di sisi lain sedih karena dengan mudahnya sekarang ini orang-orang meng-klaim ahli seo hanya bermodalkan teori sana sini atau ikut seminar ini dan itu, pelajari teori nya dan DONE (I am SEO expert). SEO wannnabe wannabe seperti ini lambat laun akan sirna karena SEO itu butuh passion, jika memang passion para SEO wannabe ini disini, maka bisa saja mereka menjadi expert di SEO.

Saya sendiri memang lebih suka bekerja dibalik layar, hampir tidak pernah ikut kopdar-kopdar an, seminar, pembicara, menulis ebook dan lain sebagainya. Hanya dulu pernah sering ikut kontes SEO ketika ajang seperti ini ramai di Indonesia. Selama inipun saya lebih suka memakai nama samaran seperti Hans Ganteng, Aanbae (sekarang sudah banyak yang pakai nama Aanbae) dan banyak nama samaran lain-nya. Real name saya adalah Ahmad Subhan.


Mungkin saat itu beberapa dari SEO profesional sekarang masih duduk di bangku SD, SMP, SMA sementara saya sudah menggeluti dunia ini. Ingat bahwa SEO bisa jadi profesi yang menjanjikan.

Memang di Indonesia profesi SEO belum seberapa di banding kan di negara lain, jadi bagi kalian anak muda yang memang menyukai SEO dan memiliki passion di bidang ini sebaiknya kalian perdalam terus dan jangan lupa kuasai bahasa Inggris karena lowongan kerja diluar sana (EROPA, USA dan negara lain) sangat banyak. Kamu bisa cek melalui Linkedin dengan salary bervariasi dan sangat jauh dengan di Indonesia. Saya sendiri sudah banyak yang menawari cuma sudah tidak pas lagi untuk menerimanya karena saya sudah berkeluarga dan memang kurang suka kerja di luar negeri.

Sekali lagi bahwa, jangan pernah puas dengan ilmu yang sudah kamu peroleh, terus gali dan belajar. Jangan sampai memandang rendah orang lain apalagi Anda tidak tahu siapa mereka atau akan jadi apa mereka nanti, mungkin bisa lebih dari Anda.

Begitu juga para SEO enthusiast jangan merasa sudah expert apalagi jika belum faham teknis SEO sampai ke akar2nya. Coba minta ke perusahaan kalian agar bisa ikut di di moz conference (MozCon) miliknya Rand Fishkin dan disana kalian akan lihat para SEO dari seluruh dunia hadir (termasuk mereka yang ditas 40 tahunan), antusiasme mereka di dunia SEO sangat tinggi, para petinggi-petinggi perusahaan di berbagai negara. Jika kalian rutin ke sillicon valey, maka yang dibahas sangat banyak di SEO, jangan harap mereka bahas bagaimana cara beriklan.
Previous
Next Post »